Kamis, 17 Maret 2011

Emas Tergelincir terpukul Jepang

Harga emas turun lebih dari 2 % di hari Selasa, namun pulih dari level rendah, seiring meningkatnya kecemasan mengenai krisis nuklir di Jepang yang menghantam pasar keuangan, memicu peralihan menuju aset likuid seperti mata uang. Platinum juga turun tajam seiring potensi radiasi nuklir di Jepang menurunkan ekspektasi permintaan industri otomotif. "Ada aksi hindar resiko karena permasalahan di Jepang. Institusi dan yang lainnya melakukan likuidasi seiring investor lebih memilih untuk memiliki mata uang saat ini," ucap James Steel, Kepala Analisis komoditas pada HSBC bank.

Kecemasan dampak ekonomi di Jepang menghantam bursa saham dunia pada hari Selasa, menghapus sekitar 1 trilliun dollar dalam nilai sahamseiring investor meninggalkan asset beresiko dan beralih pada obligasi pemerintah.

Produsen otomotif besar di Jepang, termasuk Toyota, Nissan dan Honda menghentikan produksi setelah gempa bumi hari jumat, merusak jalan-jalan, rel kereta dan pelabuhan. Produsen mobil adalah konsumen terbesar platinum dan paladium.

http://fastingnews.com/2011/03/emas-tergelincir-terpukul-jepang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar